7 Keuntungan Menggunakan Jasa Akuntansi Profesional

Banyak usaha kecil, pemula, dan pengusaha merasa sulit untuk mempekerjakan seorang akuntan. Apalagi dengan keterampilan yang tepat untuk menyusun laporan keuangan perusahaan, mengelola operasional rekening bank, menganalisis data keuangan, dan menyiapkan invoice keluar. Ada sedikitnya 7 keuntungan dalam menggunakan jasa akuntansi profesional

Jasa Akuntansi Profesional Merupakan Solusi Bagi Banyak Perusahaan

Saat ini, bahkan lebih menantang untuk menemukan orang yang memenuhi syarat dengan gaji yang terjangkau.

Lebih dari 1/3 usaha kecil di Dunia mengalihdayakan pekerjaan akuntansi mereka. Menariknya, sebagian besar perusahaan kecil yang melakukan outsourcing jasa akuntansi profesional merasa tidak nyaman ketika mengerjakan pembukuan mereka sendiri.

Padahal umumnya diyakini bahwa akuntansi dan pembukuan harus dilakukan di dalam bisnis. Tetapi penting untuk bertanya pada diri sendiri apakah Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini. Juga, apakah staf Anda memiliki pengalaman yang cukup untuk mengatasi tugas akuntansi yang meningkat. Untuk menambahkannya, 62% dari semua usaha kecil mereka berpikir bahwa mereka membayar lebih pajak mereka.

Karena fakta ini, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengalihdayakan layanan akuntansi ke perusahaan yang memiliki pengetahuan dan kualifikasi yang tepat. Juga, perusahaan mana yang dapat melakukan pekerjaan yang sama secara lebih kualitatif dan hemat biaya.

Untuk alasan yang sama, banyak direktur eksekutif telah memperhatikan berbagai aspek positif dari outsourcing pembukuan dan jasa akuntansi. Yang penting, outsourcing layanan tersebut harus tanpa efek buruk pada bisnis, karyawan, dan pelanggan mereka.

Oleh karena itu, kami ingin membagikan 7 manfaat teratas, yang telah dialami oleh klien kami setelah mereka memutuskan untuk melakukan outsourcing pembukuan dan akuntansi.

7 Manfaat Menggunakan Layanan Akuntansi dan Pembukuan Profesional

1. Layanan Akuntansi Hemat Biaya

Bagi bisnis menganggap outsourcing sebagai tambahan biaya ini sama sekali bukan persepsi yang benar. Faktanya malah sebaliknya. Perusahaan yang melakukan outsourcing akuntansi dapat mengalihkan pengeluaran mereka yang kurang penting untuk outsourcing jasa akuntansi profesional.

Terutama untuk perusahaan yang baru memulai usaha, mereka akan lebih efisien ketika menggunakan jasa accounting service.

Penghematan dari outsourcing bisa sangat besar karena sebagian besar perusahaan dapat menawarkan layanan mereka dengan tarif biaya yang lebih rendah (biasanya karena biaya tenaga kerja yang lebih rendah).

Selain itu, dengan outsourcing, Anda menghemat uang untuk membayar gaji, pajak, perlengkapan kantor, dan tunjangan untuk karyawan. Anda hanya membayar untuk apa yang Anda butuhkan. Tidak ada kerugian dalam biaya produktivitas yang seperti merekrut karyawan penuh waktu.

2. Hemat Waktu dan Biaya Proses Perekrutan

Jika Anda melihat gambarannya, proses rekrutmen adalah pekerjaan yang ketat. Dibutuhkan sumber daya untuk mengelolanya, mulai dari membuat strategi rekrutmen, menyeleksi pelamar hingga mewawancarai mereka. Proses rekrutmen menyita waktu, membutuhkan biaya dan Anda perlu mendedikasikan waktu baik untuk diri sendiri ataupun karyawan.

Banyak perusahaan tidak mempertimbangkan waktu yang mereka habiskan untuk mencari Akuntan profesional. Dan waktu sama-sama berkorelasi dengan biaya. Ini harus dapat diperhitungkan.

3. Menghemat Waktu Secara Keseluruhan

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda akan mendapati diri Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengelola keuangan Anda dan lebih sedikit waktu untuk meningkatkan skala bisnis.

Oleh karena itu, layanan yang diberikan dari sebuah Kantor Jasa Akuntan seperti pembukuan dan akuntansi dapat membantu Anda memfokuskan waktu, energi, dan sumber daya Anda untuk membuat strategi bisnis. Ini akan membawa lebih banyak pendapatan, serta jaringan dan membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

4. Keahlian Tanpa Keraguan

Outsourcing mungkin menawarkan Anda kemungkinan untuk menyewa seorang profesional dengan tingkat keahlian yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih efisien.

Setiap Kantor Jasa Akuntan harus meningkatkan keterampilan dan kualifikasi mereka. Bayangkan, 50 orang bekerja di kantor yang sama. Mereka dapat dengan mudah berbagi tren, solusi, dan alat akuntansi baru. Untuk menambahkan lebih banyak, kantor jasa akuntansi yang hebat memiliki akses yang lebih luas ke pelatihan, kursus, dan mereka berpartisipasi secara terus-menerus.

5. Menskalakan Akuntansi dengan Mudah

Penyedia layanan akuntansi memiliki jumlah ketersediaan untuk menskalakan layanan Anda secara signifikan tanpa jeda. Misalnya, jika tugas pembukuan dan akuntansi Anda melebihi jumlah fungsi untuk 1 karyawan, Anda dapat dengan mudah dipaksakan dengan tenaga kerja tambahan. Tanpa perlu melalui proses rekrutmen yang ketat.

6. Teknologi Pembukuan

Sebagian besar bisnis menggunakan perangkat lunak otomatisasi akuntansi untuk menghemat waktu. Ini akan menghemat waktu, tetapi yang terpenting, ini mengurangi risiko. Mengotomatisasi akuntansi meminimalkan kesalahan manusia. Kedua, dalam perangkat lunak otomatisasi, akuntan mendapatkan laporan waktu nyata. Mereka membantu dalam menangkap potensi masalah dan menyelesaikannya pada tahap awal. Ketiga, akan mengurangi kemungkinan kecurangan internal.

Sebagian besar penyedia layanan akuntansi berkualifikasi tinggi dalam alat otomatisasi seperti Quickbooks, Sage, Visma, Xero, Microsoft Dynamics, SAP, dan lainnya.

7. Seorang Akuntan Profesional adalah Penasihat Anda

Seorang akuntan yang baik akan selalu memberikan nasihat tentang bagaimana membuat akuntansi lebih efisien. Kadang-kadang dia mungkin bekerja dengan beberapa perusahaan dan mengusulkan pengalaman yang sangat baik dari klien lain. Baik itu tentang perpajakan, software akuntansi atau bahkan memberikan nasihat keuangan.

Kapan Anda Harus Mempertimbangkan Outsourcing Akuntansi dan Pembukuan Anda?

Dari pengalaman kami bekerja dengan berbagai perusahaan, outsourcing pembukuan dan akuntansi cenderung bekerja paling baik ketika:

  • Sebuah usaha kecil tidak memerlukan seorang akuntan penuh waktu tetapi membutuhkan seseorang dengan keterampilan lebih dari yang dapat diberikan oleh manajer kantor, atau admin.
  • Perusahaan dengan ukuran berapa pun tidak dapat menemukan karyawan tetap waktu dengan kemampuan yang sesuai dengan biaya yang terjangkau.
  • Perusahaan yang sedang berkembang mencari peluang untuk meningkatkan layanan akuntansi dan pembukuan mereka kapan saja.
  • Layanan yang sementara diperlukan, misalnya: bantuan ekstra untuk laporan akhir tahun atau jika karyawan tetap akan pergi berlibur, cuti hamil, dan sebagainya.
  • Namun, bahkan Anda akan mempekerjakan orang yang terampil dan berkualitas, seseorang (biasanya direktur eksekutif) masih perlu dilibatkan dalam proses saat menyetujui faktur, membuat setoran, meninjau lembar waktu, dan sebagainya.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengunakan Jasa Akuntansi Profesional

Setelah Anda memutuskan untuk melakukan outsourcing, langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan outsourcing yang akan sangat sesuai dengan tujuan dan sasaran Anda, tetapi yang paling penting, akan dapat sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan Anda. Kami percaya, ketika melakukan outsourcing jasa pembukuan dan akuntansi, kualitas kinerja dan efisiensi harus menjadi prioritas utama. Namun, beberapa faktor yang lebih penting harus dipertimbangkan juga.

1. Jasa pembukuan dan pembukuan apa yang Anda butuhkan?

Apakah untuk menyiapkan laporan akhir bulan, neraca, layanan penggajian, pelaporan ke pihak berwenang atau mengurus hutang dan piutang Anda? Anda mungkin membutuhkan seseorang untuk menyiapkan rekonsiliasi dan analisis bank Anda atau hanya memasukkan data ke dalam perangkat lunak akuntansi? Apa pun itu, Anda harus jelas tentang apa yang Anda lakukan secara pribadi, apa yang menjadi tanggung jawab staf internal Anda, dan apa yang Anda ingin orang lain lakukan.

2. Kisaran biaya yang kompetitif.

Setiap perusahaan akuntansi dan pembukuan memiliki skema pembayaran masing-masing – beberapa di antaranya membebankan biaya per jam, yang lain setiap bulan. Oleh karena itu, Anda dapat memilih jangka waktu pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, tetapi jangan membuat keputusan hanya berdasarkan efektivitas biaya.

3. Keahlian.

Pastikan perusahaan yang ingin Anda pekerjakan berpengalaman, profesional dan memiliki kualifikasi yang tepat. Ingat Anda selalu dapat meminta beberapa rekomendasi dari klien mereka sebelumnya atau yang sudah ada, lihat reputasi mereka di pasar, stabilitas keuangan, tetapi yang paling penting, kemampuan mereka untuk memberikan hasil yang berkualitas tinggi dan konsisten.

4. Keamanan data.

Menurut kami, keamanan data memainkan peran penting ketika melakukan outsourcing layanan akuntansi secara online. Kantor Jasa Akuntan wajib menangani data kliennya dan memastikan bahwa setiap transaksi aman. Ini penting karena Anda tidak hanya akan mengkomunikasikan informasi arus kas kepada mereka tetapi juga data rahasia.

Terutama dalam komunikasi e-mail yang kerap digunakan antara jasa akuntansi profesional dengan para Client. KJA Mazmur menggunakan teknologi layanan e-mail yang sudah memiliki standar keamanan ISO 27001 dari sebuah provider jasa website tepercaya.

5. Perjanjian tingkat layanan yang fleksibel.

Penyedia jasa akuntansi dan pembukuan harus menunjukkan keluwesan dan keinginannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebutuhan Anda di masa depan. Kami sangat menyarankan untuk memeriksa syarat dan ketentuan sebelum Anda menandatangani kontrak, sehingga Anda akan mengetahui cara mengakhiri perjanjian jika Anda tidak puas dengan pekerjaan mereka.

6 Pekerjaan Akuntansi yang Dapat Anda Outsource

  1. Pembukuan.
  2. Pelaporan Pajak dan Manajemen.
  3. Layanan pemrosesan penggajian.
  4. Hutang (pembuatan pembayaran).
  5. Piutang (follow up debitur).
  6. Daftar gaji

Saran: Jika Anda menyewa kantor akuntan lima besar untuk melakukan audit, Anda harus terus menggunakan perusahaan lain untuk fungsi akuntansi dan pembukuan Anda. Ini karena adanya peraturan dan standar independensi dalam profesi akuntansi, kantor akuntan publik yang melakukan audit tidak boleh melakukan akuntansi dan pembukuan untuk perusahaan yang sama.

Kesimpulan

Ada keuntungan yang signifikan bagi klien yang memutuskan untuk melakukan outsourcing tugas akuntansi mereka. Pertama-tama, efisiensi biaya, dan diakhiri dengan fleksibilitas dalam hal kontrak atau penskalaan jumlah fungsi. Akuntansi dan pembukuan adalah bagian penting dari bisnis, tetapi juga kompleks. Ini membutuhkan waktu dan pengetahuan khusus. Tanpa pengalaman akuntansi, mungkin banyak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan penurunan bisnis Anda atau bahkan bangkrut.

KJA Mazmur adalah penyedia layanan akuntansi terdaftar yang andal untuk usaha kecil dan menengah. Anda dapat memeriksa layanan akuntansi dan pembukuan kami atau langsung menghubungi kami.

Pin It on Pinterest

Share This